1.identifikasi situasi bisnis secara umum
Identifikasi adalah kecenderungan
dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Orang lain yang
menjadi sasaran identifikasi dinamakan idola. Identifikasi merupakan bentuk
lebih lanjut dari proses imitasi dan sugesti yang pengaruhnya sangat kuat.
Jadi dalam membuka usaha kita
harus berusaha membuat sesuatu yang original atau yang belum pernah ada
sebelumnya. Misalnya kita membuka usaha mie ayam, kalau kita tidak membuat
sesuatu yang berbeda dari usaha orang yang sebelum kita maka secara otomatis
usaha kita lebih sulit/sukar dikenal oleh pelanggan, misalnya kita bedakan
dalam cara penyajian kepada pelanggan, penjual mie ayam biasa hanya menyediakan
dalam bentuk 1 mangkok saja, untuk membuat unik dan memiliki ciri khusus kita
lakukan dalam bentuk beberapa mangkok yg tiap mnangkok berisi mie, ayam, dan
bumbu dalam keadaan terpisah, hal ini agar pelanggan dapat menentukanb takaran
bumbu tersebut sesuai dengan selera pelanggan, salah satu hal tersebut dapat
mempercepat pelanggan kenal dengan usaha kita, dan mungkin masih banyak ide-ide
lainnya.
2.menentukan segmen pasar (peluang dan tantangan)
Menentukan segmen pasar
sangat penting bagi seorang wirausahawan, karna setiap usaha pasti mempunyai
tantangan. Setiap usaha pasti tidak akan
berjalan mulus jika seorang wirausahawan tidak dapat mengambil sebuah peluang.
dan seseorang wirausaha harus
mampu menghadapi tantangan akan usaha yang akan dijalankannya, contoh dari
bagaimana seorang wirausahawan harus
mampu mengambil peluang adalah misalnya jika kita ingin membuka usaha mie
ayam seorang wirausaha harus
memperhatikan kondisi suatu daerah yg dimana seorang wirausaha mie ayam yang
lain dalam jumlah sedikit, karna sedikit
berarti ini adalah peluang untuk membuka usaha,
dan apabila sudah dibuka usaha tersebut maka seorang wirausaha mempunyai
tantangan untuk memajukan bisnis tersebut, agar dapat bersaing dengan penjual
mie ayam yang lainnya maka usaha kita harus mempunyai cirri khas sendira akar
mudah dikenal oleh pelanggan seperti yg dijelaskan pada point no. 1.
3. mengevaluasi kekuatan dan kelemahan
Ini merupakan salah satu yang
harus dlakukan seorang wirausaha, tetapi ini sulit untuk dilakukan karna untuk
menyadari kekuatan kita dan kelemahan yang tahu hanya orang lain karna kita
tidak bias menilai usaha kita sendiri, yang menilainya adalah orang lain.
Jika kita sudah mengetahui
kekuatan dan kelemahan kita maka kita harus meminimalisir kelemahan kita agar
pelanggan yang dating ketempat usaha kita nyaman dan merasa puas akan yang kita
hidangkan, cita rasa tinggi dapat meningkatkan kualitas usaha kita.
4.menentukan goal dan objectives
Dalam usaha pasti kita
memilki sasaran pemasaran, apabila usaha kita dapat berkembang pesat maka tidak
dapat menutup kemungkinan untuk seorang wirausaha untuk membuka cabang pada
daerah yang mingkin dapat meningkatkan usaha kita. Selama seorang wirausaha
bekerja keras, ulet, dan pantang menyerah maka usaha yang dijalankan pasti akan
mengalami kemajuan.
5. menentukan strategi pemasaran dan program aksi
Seorang wirausaha harus
memiliki strategi untuk memasarkan produknya, misalnya dalam usaha mie ayam
jika cara membuat reklame sudah banyak dilakukan tetapi kurang memuaskan maka
kita dapat memasarkan dengan gaya zaman sekarang misalnya melalui jejaring
social contohnya ialah facebook, sudah mulai banyak usahawan memanfaatkan
jejaring sosial ini untuk usaha yang dijalankan masing-masing
6. menentukan budgeting dalam strategi pemasaran
Budgeting adalah perencanaan
yang sistematis, maka seorang wirausah harus memiliki perencanaan dalam usaha
termasuk rencana dimana usah mie ayam harus didirikan. Tempat usaha itu harus
strategis, artinya tempat usaha harus dekat dengan rumah penduduk dan tidak
banyak wirausaha yang usahanya sama dengan yang kita usahakan.
7.monitoring progress kegiatan pemasaran
Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan
pengukuran kemajuan atas objektif program./ Memantau perubahan, yang focus pada
proses dan keluaran- Monitoring
melibatkan perhitungan atas apa yang kita lakukan
- Monitoring
melibatkan pengamatan atas kualitas dari layanan yang kita berian
Bagi kalangan usaha menengah dan kecil jarang ada kegiatan yang ini
karna wirausahawan tidak terlalu menganggap penting kegiatan ini, padahal
kegiatan ini adalah suatu yang penting karna dengan kegiatan ini kita dapat
mengetahui kemajuan usaha kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar